RSS

Mimik is Out



Hari kedua puasa tgl 10 Juli 2013, Kannysa harus mulai menjalani puasa ASI karena hari minggunya tgl 7 Juli 2013 sudah menginjak umur 2 (dua) tahun. Usaha ini cukup sulit dan memakan energi mami dan papi, awalnya Kannys tidak masalah berhenti mimik ASI dengan strategi-strategi yang dijalankan mami. Akan tetapi sejak putus mimik tersebut, perubahan perilaku dan kebiasaan pun mulai terjadi, Kannys mulai rewel nggk jelas, mulai mengeluarkan kata-kata "nggk mau sama papi" atau "nggk mau sama mami", sampai-sampai bobok pun harus pindah ke kamar Oma.

Kalau prmintaannya nggk dituruti, Kannys akan meronta-ronta....nangis sekeras-kerasnya....bisa sampai sejam lebih. Hal ini yang menjadi pertanyaan bagi mami dan mami, apakah memang seperti ini efek cerai ASI yang dialami anak-anak. Dengan sabar, mami tetap membujuk dikala Kannys nggk mau diam dan menangis terus tanpa sebab, kalo dimarahin....malahan nangisnya bertambah keras dan emosian.

Sampai tulisan ini dibuat udah hampir  10 Hari Kannys puasa mimik, dan udah selama itu pula kesabaran mami dan papi diuji dengan tingkah laku anak gadis yang mulai memperlihatkan perubahan ini. Pernah diajak jalan-jalan naik mobil, karena ada permintaannya ditolak, kannys marah-marah...nangis keras-keras mulai dari mobil jalan sampai dengan mobil sampai dirumah. Walapun dibujuk dengan berbagai cara, Kannys nggk pernah berhasil didiamkan. Dari situ dimulailah pelajaran baru bagi mami dan papi dalam menyikapi pola prilaku Kannys saat ini. Biasanya Kannys akan menolak kalo dibujuk oleh mami, maka papi turuntangan ngajakin kannys main atau hal lain, begitu juga sebaliknya.

Kannys pun sebenarnya paham dan tau jika pemberontakannya tersebut dianggap nakal oleh mami seiring dengan teguran-teguran dan ajakan mami yang menyampaikan kalo nangis-nangis seperti itu "Nakal" namanya, kalo anak pintar nggk nangis-nangis, dan nurutin apa kata mami dan papi. Kondisi ini biasa terjadi disaat Kannys sudah berhenti nangis dan mulai mau diajak ngobrol...."Nanys nggk nangis-nangis lagi pi, nanys pintal pi" kata-kata ini sering keluar disaat emosi Kannys mulai mereda.

Memang kesabaran sangat diuji pada kondisi ini, Mami lah orang yang sangat-sangat sabar dalam menjalankan perannya menjaga dan merawat kannys, se marah apapun kannys, mami tetap dengan lembut ngebujuk dan memberikan kasih saya kepada kannys. Terkadang airmata mami jatuh tanpa sengaja melihat tingkah laku Kannys, tapi itulah konsekuensinya, bagaimanapun itu....mami harus tetap menjadi tempat Kannys bermanja-manja. ....... seperti yang biasa Kannys lakuin.... "My Everything" (sambil meluk mami menirukan iklan yang biasa ditontonnya)

0 komentar:

Posting Komentar